LITTLE AFRICA IN JAVA BANYUWANGI
IKUTI
SEKILAS INFO
  • 5 bulan yang lalu / Paket Tour Bromo Sunrise! MULAI HARGA 280RB saja
  • 6 bulan yang lalu / FLASH SALE! Paket Tour Malang Batu Bromo 3 Hari 1 Malam HANYA 1-jutaan
LITTLE AFRICA IN JAVA BANYUWANGI

LITTLE AFRICA IN JAVA BANYUWANGI

Oleh : admin - Kategori : Jawa Timur
25
Feb 2020

Taman Nasional Baluran Banyuwangi

 

Hai Travellers…

Tidak lama lagi ujian akan segera mewarnai hidup anda. Pastinya akan sangat membuat jenuh. Makan dari itu di artikel ini anda akan mendapat referensi tujuan wisata anda supaya bosan hilang dan bahagia datang.

 

Ada yang pernah berkunjung ke Banyuwangi? Wilayah Jawa timur paling ujung ini menjadi sebuah kawasan destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Lantaran. Pesonanya yang luar biasa indahnya. Wilayah yang memiliki julukan sunrise of java ini tidak hanya indah saja. Melainkan esoktis apalagi, dengan keindahan festival tradisionalnya.

 

Saking indahnya, ada salah satu kawasan yang dijuluki dengan “Little Africa In Java’ dari sini, apakah sobat native sudah tahu dimanakah objek wisata tersebut. Jika, masih belum tahu baiklah, mari kita bahas sebuah Objek Wisata Banyuwangi dengan pesona menawan tepatnya di Taman Nasional Baluran.

 

Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur merupakan sebuah taman nasional dengan luas area 25.000 hektar. Anda jangan mengira taman nasional ini seperti taman-taman lain yang berupa hutan belantara. Memang pada sebagian wilayahnya, taman baluran menyediakan juga tempat konservasi alam berupa hutan lindung. Tetapi, wilayah utama wisata baluran adalah hamparan padang rumput yang amat luas. Luas savana baluran ini mencapai sepertiga dari luas keseluruhn taman nasional, yaitu 10.000 hektar. Savana baluran ini adalah savana terluas yang dimiliki Pulau Jawa.

 

Sementara itu, julukan Africa Van Java disematkan mengingat dominasi vegetasi sabana yang mencapai hingga 40% luas lahan. Selebihnya, ada hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pengunungan bawah, hutan rawa serta hutan yang selalu hijau sepanjang tahun (Hutan Evergreen).

 

Tidak hanya itu, kawasan hutan yang begitu luas ini juga sebagai rumah bagi keanekaragaman fauna yang hidup secara bebas. Dalam hal ini, bisa jadi Monyet Ekor Panjang adalah raja dalam segi jumlah. Ragam fauna lainnya termasuk 28 jenis mamalia, 196 jenis aves, pisces dan reptilia.

 

Adapun flora, terdapat sekitar 444 jenis tumbuhan yang tergolong ke dalam 87 familia.  Jenis-jenis tumbuhan itu meliputi 24 jenis tumbuhan eksotik, 265 jenis tumbuhan penghasil obat. Selebihnya ada 37 jenis yang merupakan tumbuhan yang hidup pada ekosistem mangrove.

 

Lokasi Wisata Taman Nasional Baluran Jawa Timur ini sering dibilang mirip dengan savana yang berada di benua Afrika. Tidak salah lagi, rerumputan yang terbentang di sepanjang mata memandang, pohon-pohon dengan batang yang mekar terlihat satu dua di atas rumput, dan yang paling menyejukkan mata adalah backgound gunung baluran yang tinggi menjulang yang terlihat mulai dari pangkal hingga puat keberadaan mereka yang sedang merumput di tengah savana.

 

Taman Nasional Baluran melindungi hewan-hewan padang rumput seperti banteng, kerbau, rusa, monyet berekor panjang, dan burung pemilik ekor panjang, burung merak. Anda bisa melihat keberadaan mereka yang sedang merumput di tengah savana. Sekali-sekali, sekawanan rusa akan melintasi kendaraan Anda yang sedang melewati jalan. Pemandangan ini kerap kali dijumpai di padang rumput seperti ini. Seolah-olah Anda akan dibawa jauh melompat ke afrika dengan dilihatkan situasi demikian.

Taman Nasional Baluran berada di batasan kabupaten Situbondo dan kabupaten Banyuwangi. Banyak orang menyebut Taman Nasional Baluran Situbondo, ada juga yang menyebut Taman Nasional Baluran Banyuwangi. Sederhana saja, karena lokasi taman ini lebih dekat ke Banyuwangi daripada kabupaten Situbondo sendiri.

 

Mari berjelajah di kawasan taman baluran. Secara terperinci, tempat wisata ini dibagi menjadi beberapa bagian dengan bentuk wilayah yang berbeda-beda. Hal ini yang menjadi keunikan taman baluran ini. Luasnya yang mencapai puluhan ribu hektar membuat kawasan ini seperti sebuah desa yang dihuni oleh berbagai macam satwa. Tempat yang alami ini sering digunakan oleh para ahli maupun mahasiswa untuk penelitian, penelitian ilmu pengetahuan alam, mengembangkan dan menunjang budidaya, selain tujuan utamanya sebagai tempat pariwisata untuk dikunjungi wisatawan. Bagi Anda petualang sejati, jangan lupa untuk menyempatkan waktu berkunjung Kawah Ijen dan Pulau Tabuhan. Anda juga bisa melakukan penelitian di kedua tempat tersebut.

 

Biaya masuk Taman Nasional Baluran ini bermacam-macam, sesuai dengan situasi kondisi dan berdasarkan asal wisatawan. Selain tiket masuknya, biaya parkir juga diperhitungkan. Berikut rincian biaya masuk yang dipungut di Taman Nasional Baluran Jawa Timur.

 

  • Harga tiket masuk pada hari biasa (hari biasa terhitung mulai hari senin hingga hari jum’at)

 

Pengunjung domestik / wisatawan lokal : Rp.15.000 sedangkan Wisatawan manca negara : 10 kali lipat, yakni Rp. 150.000

 

  • Harga tiket masuk weekend atau hari libur (tanggal merah)

Wisatawan lokal : Rp. 17.500 sedangkan Wisatawan manca negara : Rp. 225.000

 

Apa anda berminat untuk berwisata ke Taman Nasional Baluran ? Pastinya akan sangat seru karena dengan Jatim Traveller solusi perjalanan anda akan terpenuhi.

 

Lets Pack, Go Picnic !!

0 Komentar

Alamat Kami

CV. Panorama Wisata Gemilang

SIUP 551.21/3071/I/DISPAR
TDUP 01/01/52/DPMPTSP/2017
SITU 11/309/1430/DS/DPMPTSP/2017
NPWP 02.798.056.4-903.000
Jalan Raya Sawojajar No. 103 Malang, Jawa Timur - 65135

082228809090

0341-751526

Pos Terbaru

Tanah Lot Bali
Pos : 20 Maret 2020
Farm House Susu Bandung
Pos : 20 Maret 2020
Bukit Pergasingan Lombok Timur
Pos : 19 Maret 2020