PANTAI LOVINA
IKUTI
SEKILAS INFO
  • 6 bulan yang lalu / Paket Tour Bromo Sunrise! MULAI HARGA 280RB saja
  • 6 bulan yang lalu / FLASH SALE! Paket Tour Malang Batu Bromo 3 Hari 1 Malam HANYA 1-jutaan
PANTAI LOVINA

PANTAI LOVINA

Oleh : admin - Kategori : Bali
26
Feb 2020

Pantai Lovina

Siapa nih yang udah pernah ke Pantai Lovina di Bali ?, keindahan pantai Bali yang satu ini tidak perlu diragukan lagi . Pantai ini juga sudah menjadi destinasi wisata yang selalu ada di jadwal liburan ketika di Bali . Yang udah pernah kesana , gimana ? Pantai Lovina Bali ini emang bagus kan ?
Pantai Lovina terletak sekitar 9 km dari sebelah barat kota Singaraja , ini merupakan salah satu objek wisata yang berada di Bali Utara . Banyak wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke pantai Lovina . Pantai Lovina ini pantainya masih sangat alami . Kita juga bisa melihat ikan lumba – lumba yang banyak . Dengan menyewa perahu nelayan setempat kita bisa melihat ikan lumba – lumba secara dekat . Anda disini juga bisa memilih berbagai peninapan mulai dari Inn hingga Cottages tersedia dengan harga yang terjangkau.

Dibalik keindahan Pantai Lovina ini ada juga sejarah yang dimiliki pantai ini . Sejarahnya yaitu tentunya tidsk lepas dari sosok Anak Agung Panji Tisna . Nama Panji Tisna sering ditulis Pandji Tisna . Sekitar 1950-an , Anak Agung Panji Tisna , pernah melakukan perjalanan keberapa negara di Eropa dan Asia . Yang menarik perhatian dia yang utama adalah kehidupan masyarakat di India . Dia tinggal dibeberapa minggu di Bombay India . Cara hidup dan kondisi penduudk disana , serta merta sangat mempengaruhi cara pikir dan wawasan dia kedepan untuk Bali , terutama pembangun kesejahteraan masyarakat yang ada di kabupaten Buleleng . Sementara disisi lain itu , Panji Tisna juga melihat suatu tempat yang ditata indah untuk orang – orang berlibur di pantai , Tanah tersebut juga memilihki kesamaan dengan miliknya yaitu di Pantai Tukad Cebol , Buleleng yang juga letaknya diantara dua buah aliran sungai . Inspirasi Panji Tisna muncul untuk membangun sebuah peristirahatan seperti apa yang ia peroleh dari tempat tersebut .
Untuk lokasinya , pantai Lovina sendiri berada di Bali Utara . Suasana liburan yang berbeda , memangakan sangat terasa di kawasan Bali Utara ini , yang bermula dirintis di Desa Kalibukbuk , Buleleng , Bali . Dimana tempat ini pemandangan bernuansa alam sangat asri dan sunyi . Berbeda dengan pantai yang sudah ramai dikunjungi wisatawan seperti yang berada di sekitar kawasan Kuta. Jadi ingin liburan dan berwisata ke Bali dan mengunjungi Pantai Lovina deh .

Pada tahun 1959 Anak Agung Panji Tisna memindahkan penginapan Lovina kepada saudara sepupunya yang lebih muda , Anak Agung Ngurah Sentanu yang waktu itu masih berusia 22 tahun dipercaya untuk meneruskan usaha rintisannya . Bisnis Pondok Wisata Lovina berlanjut . Namun tidak banyak pelancong , turis atau wisatawan ke Lovina . Hanya beberapa taman Panji Tisna yang datang . Mereka berasal dari Amerika dan Eropa , serta pejabat pemerintah dari daerah setempat dan para pengusaa untuk berlibur . Merasa beruntung juga , karena pada hari – hari khusus seprti hari minggu dab hari libur , juga hari raya seperti Galungan dan Kuningan banyak orang termasuk pelajar yang datang menikmati suasana alam pantai Lovina .

Untuk mengangkat kembali Bali Utara sebagai destinasi wisata antara lain adalah kembali dengacara yang untuk mempopulerkan Lovina . Oleh sebab itu nama Pondok Wisata Lovina yang sudah berganti nama Permata Cottages , kini kembali memakai nama aslinya Lovina yang hingga sekarang bernama Lovina Beach Hotel . Semenjak itu nama Lovina yang sampai sekarang dipakai oleh tidak kurang dari 6 pantai yang berada di desa desa asri deretan pantai tersebut berada di 2 wilayah kecamatan bersebelahan , yaitu Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Banjar . Ynag di Kecamatan Buleleng yaitu ada pantai Binara di desa Kalibukbuk , pantai Banyulangit di desa Banyulangit , Pantai Kubu Gembong didesa Anturan /Tukadmungga , Pantai Hepu di desa Pemaron . Sedangkan di Kecamatan Banjar adalah pantai Tukad Cebol di Kampung Baru (Kaliasem ) .

Untuk arti dari nama Lovina sendiri berasal dari kata Love dan Ina oleh masyarakat di Indonesia sendiri diartikan sebagai Love Indonesia . Gimana cara penamaan pantai ini juga unik kan ?
Istilah Ina secara umum sudah dikenal sebagai singkatan untuk kontingen atau rombongan atlet yang di Indonesia untuk acara Asian Games 1963 . Sedangkan Lovina didirikan pada tahun 1953 . Menurut Panji Tisna Lovina memiliki makna filosofis , campuran dua suku kata love dan ina . Love dari bahasa Inggris kasih dan ina dari bahasa Bali Ibu . Jadi menurutnya Lovina adalah Cinta Ibu atau arti leluhurnya adalah Cinta Ibu pertiwi.

Gimana liburan jadi pengen ke Bali kan? Disamping keindahan pantai yang masih alami juga ada sejarah di pantai ini . Oh iya kita juga bisa melihat sunset di pantai ini . Untuk harga tiket masuknya terjangkau kok . Pantai ini juga dibuka 24 jam kok , jadi anda bisa melihat keindahan alam Pantai Lovina kapan aja.

Tapi kalau lagi pilih paket wisata disini aja di CV.PANORAMA WISATA GEMILANG menyediakan berbagai paket wisata dengan harga yang terjangkau . Dan anda kalau lagi berwisata gak perlu takut ribet buat transportasi dan sebagainya apalagi buat rombongan . Untuk pemesanan dan info lebih lanjut anda bisa menghubungi :
Telp./Wa : 0822 2880 9090 / 0877 8602 9090
Website : www.panoramawisata.co.id
Instagram : @jatim_traveller | @panorama.wisata
Alamat : Jl.Raya Sawojajar No.103,Malang,Jawa Timur

0 Komentar

Alamat Kami

CV. Panorama Wisata Gemilang

SIUP 551.21/3071/I/DISPAR
TDUP 01/01/52/DPMPTSP/2017
SITU 11/309/1430/DS/DPMPTSP/2017
NPWP 02.798.056.4-903.000
Jalan Raya Sawojajar No. 103 Malang, Jawa Timur - 65135

082228809090

0341-751526

Pos Terbaru

Tanah Lot Bali
Pos : 20 Maret 2020
Farm House Susu Bandung
Pos : 20 Maret 2020
Bukit Pergasingan Lombok Timur
Pos : 19 Maret 2020