PURA BESAKIH BALI
IKUTI
SEKILAS INFO
  • 5 bulan yang lalu / Paket Tour Bromo Sunrise! MULAI HARGA 280RB saja
  • 6 bulan yang lalu / FLASH SALE! Paket Tour Malang Batu Bromo 3 Hari 1 Malam HANYA 1-jutaan
PURA BESAKIH BALI

PURA BESAKIH BALI

Oleh : admin - Kategori : Bali
26
Feb 2020

 

Halo gaes kali ini aku mau ngasih info nih seputar liburan dan objek wisata yang ada di Bali. Siapa sih yang gak tau tentang Wisata Bali? Pasti semua udah tau kan? Oh iya kali ini gak hanya wisata bali aja nih teman-teman… tetapi aku mau membahas salah satu destinasi wisata yang ada di bali yaitu Pura Besakih. Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Pura Besakih ini tidak sekadar menjadi tempat pemujaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, menurut kepercayaan Agama Hindu Dharma, yang terbesar di pulau Bali, namun di dalamnya memiliki keterkaitan latar belakang dengan makna Gunung Agung. Sebuah gunung tertinggi di pulau Bali yang dipercaya sebagai pusat Pemerintahan Alam Arwah, Alam Para Dewata, yang menjadi utusan Tuhan untuk wilayah pulau Bali dan sekitar.

Nama asli dari pura ini adalah Basuki yang artinya selamat. Diberikan nama Basuki atau Selamat dikarenakan dalam perambasan hutan para pengikut dari Rsi Markandeya selamat melaksanakan tugasnya. Dengan berjalannya waktu nama Basuki ini berubah menjasi Besakih. Pura Besakih selain sebagai tempat kegiatan agama Hindu di Bali juga sebagai objek wisata di Bali yang populer di kawasan Bali Timur atau wilayah Kabupaten Karangasem. Sebagai pusat kegiatan upacara keagamaan Hindu, maka tempat ibadah ini memiliki upacara keagamaan yang paling padat. Jadi, kebanyakan para wisatawan yang berkunjung ke wisata Pura Besakih ini ingin mengetahui kegiatan upacara keagamaan di sini.

Pada saat upacara keagamaan besar, maka setiap bangunan pura di kompleks Pura Besakih ini akan dihiasi dengan indahnya nuansa spiritualnya. Pura Besakih yang merupakan tempat komplek bangunan suci, dan warisan budaya dari jaman Bali tempo dulu, sebagai pusatnya candi Hindu di Bali, pernah diusulkan sebagai situs warisan dunia. Berlokasi di atas sebelah barat lereng Gunung Agung, sehingga selain pemandangan pura Besakih, pemandangan alam sekitarnya juga terlihat indah di balutan alam berhawa sejuk.

Bagi kalian yang suka mendaki, kalian juga bisa mendaki di Gunung Agung. Karena spot wisata yang ada di gunung ini sangat indah dan bisa jadikan spot foto buat kalian yang instagramable banget yaa hehe.. dan jangan lupa untuk pesan paket wisata tour bali dari malang 2020. Selain terkenal keunikannya tempat wisata Pura Besakih ini juga menjadi tempat favorite para wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak sekali yang mencari spot foto di area Pura Besakih ini. Disana juga ada yang menjual makanan atau minuman buat para pengunjung yang merasa lapar dan haus ketika berkeliking melihat kompleks yang ada di Pura Besakih ini.

Perlu teman-teman ketahui nih .. Pura Besakih ini termasuk pura terbesar di wisata Pulau Bali. Karena besar dengan bangunan kompleks yang begitu luas, tempat ini sering disebut dengan Ibu Pura. Tempat wisata yang ada di Bali Timur ini bisa menjadi destinasi wisata yang menarik dan seru untuk dikunjungi para wisatawan dan juga bisa menawarkan destinasi wisata yang berbeda dari yang lainnya.

Mengunjungi objek wisata Pura Besakih tentu saja beberapa hal yang perlu dilihat , mulai dari etika juga pantangan-pantangan kunjungan objek wisata pura, tempat-tempat mana yang menyuguhkan pemandangan indah, termasuk juga melihat gambar latar belakang sejarah berdirinya pura-pura, untuk dikunjungi yang berkunjung ke sini, wajib ditemani oleh pemandu atau pemandu wisata, baik itu pemandu lokal atau pemandu wisata yang mungkin kalian sewa.

Pura Besakih memiliki satu pusat tempat persembahyangan yang dinamakan Penataran Agung Besakih, setiap umat yang datang dengan tujuan persembahyangan ke kawasan pura ini. Selain itu ada 18 buah bangunan pura pendamping di sekitar Penataran Agung yaitu Pura Basukian dan 17 buah bangunan pura lainnya. Pemandangan dari pura ini  cukup indah yang pasti buat kalian berkali-kali untuk mengambil spot foto yang menarik dan lucu. Oh iya teman-teman aku hampir lupa nih… Lokasi dari Pura ini terletak di desa Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem – Bali, di lereng gunung Agung sebelah di ketinggian 1.000 mdpl, yang berhawa sangat sejuk. Untuk perjalanan ke objek wisata Pura Besakih, maka perjalanan dari kawasan Kuta butuh sekitar 2 jam naik mobil.

Tidak hanya wisata yang ada di Pura Besakih saja loh teman-teman.. di sekitar sana juga ada tempat menarik lainnya yang terletak di Kabupaten Karangasem, seperti rafting Telaga Waja , objek wisata Bukit Jambul, desa Putung, hamparan sawah Sidemen dan agrowisata Salak Sibetan. Untuk jam buka dari detinasi wisata Pura Besakih ini wisatawan dapat berkunjung dari pukul 08.00 – 17.00 WIB, tetapi bagi orang yang ingin bersembahyang pura ini terbuka 24 jam.

Tidak hanya objek wisata Pura Besakih ini aja kok yang perlu kalian kunjungi. Di Wisata Bali ini juga menyediakan objek wisata seperti :

1. Pantai Kuta

2. Pantai Pandawa

3. Danau Batur Kintamani

4. Danau Beratan Bedugul

5. Pura Uluwatu

6. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

7. Tampak Siring

8. Tanah Lot

9. Pantai Lovina

10. Sangeh Monkey Forest

11. Nusa Penida

Banyak kan destinasi wisata yang ada di Bali? Gimana nih? Kalian penasaran kan pasti sama tempat wisatanya? Udah so pasti dong… buat kalian yang mau liburan ke Bali kalian ajak aja keluarga, teman , ataupun pacar liburan ke Bali pasti itu sangat seru. Di tambah serunya lagi kalo kalian tour ke Bali ditemani dengan Jatim Traveller pasti nambah serunya.

Nah itu aja sepenggal cerita tentang tempat wisata yang ada di bali ya teman-teman.. Buat kalian yang penasaran sama tempat wisatanya kalian bisa kunjungi langsung tempatnya. Pasti dijamin ketagihan deh.. kalian juga bisa pesan paket wisata tour bali 2020 hanya di Jatim Traveller lo.. untuk infonya kalian bisa hubungi di

Website : panoramawisata.co.id | www.jatimtraveller.com

Intagram : @jatim_traveller | @panorama.wisata

WhatsApp : 0822 2880 9090 | 0877 8602 9090

Alamat  : Jl. Raya Sawojajar No.103 , Malang Jawa Timur.

0 Komentar

Alamat Kami

CV. Panorama Wisata Gemilang

SIUP 551.21/3071/I/DISPAR
TDUP 01/01/52/DPMPTSP/2017
SITU 11/309/1430/DS/DPMPTSP/2017
NPWP 02.798.056.4-903.000
Jalan Raya Sawojajar No. 103 Malang, Jawa Timur - 65135

082228809090

0341-751526

Pos Terbaru

Tanah Lot Bali
Pos : 20 Maret 2020
Farm House Susu Bandung
Pos : 20 Maret 2020
Bukit Pergasingan Lombok Timur
Pos : 19 Maret 2020