Malioboro Yogyakarta
IKUTI
SEKILAS INFO
  • 6 bulan yang lalu / Paket Tour Bromo Sunrise! MULAI HARGA 280RB saja
  • 6 bulan yang lalu / FLASH SALE! Paket Tour Malang Batu Bromo 3 Hari 1 Malam HANYA 1-jutaan
Malioboro Yogyakarta

Malioboro Yogyakarta

Oleh : admin - Kategori : Yogyakarta
27
Feb 2020

Hai semuanya! Aku kembali lagi sama destinasi seru nih! Masih seputar wisata yogyakarta / wisata yogyakarta kota. Siapa sih yang nggak kenal sama Malioboro? Iya yang sering di sebut sebagai jantung Kota Yogyakarta.
Jalan Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.
Pada tanggal 20 Desember 2013, pukul 10.30 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X nama dua ruas jalan Malioboro dikembalikan ke nama aslinya, Jalan Pangeran Mangkubumi menjadi jalan Margo Utomo, dan Jalan Jenderal Ahmad Yani menjadi jalan Margo Mulyo. Oh iya jalan Malioboro ini termasuk wisata Yogyakarta malam hari, karna selain siang malampun tetap bisa dikunjungi loh.


Tempat pertama yang aku kunjungi yaitu Tugu Yogyakarta. Tugu Yogyakarta adalah sebuah tugu atau monumen yang sering dipakai sebagai simbol atau lambang dari kota Yogyakarta. Tugu ini dibangun oleh pemerintah Belanda setelah tugu sebelumnya runtuh akibat gempa yang terjadi waktu itu. Tugu sebelumnya yang bernama Tugu Golong-Gilig dibangun oleh Hamengkubuwana I pendiri kraton Yogyakarta. Tugu yang terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo ini, mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung merapi. Obyek yang satu ini memang menjadi wisata Yogyakarta yang wajib dikunjungi.
Setelah puas sama Tugu, aku lanjut ke Stasiun Tugu, stasiun ini termasuk wisata yang dekat dengan Malioboro. Stasiun Tugu adalah merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Kota Yogyakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +113 meter ini merupakan stasiun terbesar yang berada dalam pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (persero). Daerah Operasi VI Yogyakarta, Kota Yogyakarta, dan Daerah istimewa Yogyakarta Stasiun ini beserta rel KA yang membujur dari barat ke timur berada di Kecamatan Gedongtengen. Stasiun ini melayani pemberangkatan dan kedatangan hampir semua kelas kereta api (KA), kecuali KA kelas ekonomi jarak jauh dan menengah bertarif subsidi. Stasiun besar lainnya di Kota Yogyakarta, yaitu Stasiun Lempuyangan, khusus hanya melayani kelas ekonomi dan KA lokal/komuter.
Nah beralih ke tempat ketiga nih guys, ada Gedung Agung. Apasih Gedung Agung itu? Gedung Agung terletak di pusat keramaian kota, tepatnya di ujung selatan Jalan Ahmad Yani dahulu dikenal dengan Jalan Margomulyo. Kawasan istana terletak di Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, dan berada pada ketinggian 120 m dari permukaan laut. Kompleks istana ini menempati lahan seluas 43.585 m². Gedung Agung, sama halnya dengan istana Kepresidenan lainnya yaitu sebagai kantor dan kediaman resmi Presiden Republik Indonesia. Selain itu juga sebagai tempat menerima atau menginap tamu-tamu negara.

  1. Next ada Pasar Beringharjo, adalah pasar tertua dengan nilai historis dan filosofis yang tidak dapat dipisahkan dengan Kraton Yogyakarta. Beringharjo memiliki makna harafiah hutan pohon beringin yang diharapkan memberikan kesejahteraan bagi warga Yogyakarta. Pasar Beringharjo terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 16, Yogyakarta. Ada banyak jenis barang yang dapat dibeli di Pasar Beringharjo, mulai dari batik, jajanan pasar, uang kuno, pakaian anak dan dewasa, makanan cepat saji, bahan dasar jamu tradisional, sembako hingga barang antik. Untuk masalah harga jangan takut guys karna Pasar Beringharjo termasuk dalam obyek wisata Yogyakarta murah.
    Sekarang kita beralih ke tempat terakhir, Benteng Vredeburg, adalah sebuah benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta. Sekarang, benteng ini menjadi sebuah museum. Di sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia.
    Beberapa objek wisata diatas rekomendasi dari aku ya, eh tapi jangan lupa untuk kunjungi objek wisata Yogyakarta dan sekitarnya ya, masih banyak kok yang menarik dari Yogyakarta. Selain itu di kota ini juga terdapat wisata Yogyakarta baru, wisata Yogyakarta ramah anak, dan wisata Yogyakarta untuk orang tua.
    Untuk biro perjalan wisata yang paling aku percaya itu di CV. Panorama Wisata Gemilang, disini ada berbagai macam paket wisata kok guys bukan khusus untuk Yogyakarta aja. Kalau mau kepoin kalian mampir aja di www.panoramawisata.co.id atau hubungi nomor 0822-2880-9090. Atau kalian mau mampir langsung ke kantornya? Boleh banget nih, alamatnya ada di Jl. Raya Sawojajar no.103 tunggu apalagi? Let’s pack go picnic!
0 Komentar

Alamat Kami

CV. Panorama Wisata Gemilang

SIUP 551.21/3071/I/DISPAR
TDUP 01/01/52/DPMPTSP/2017
SITU 11/309/1430/DS/DPMPTSP/2017
NPWP 02.798.056.4-903.000
Jalan Raya Sawojajar No. 103 Malang, Jawa Timur - 65135

082228809090

0341-751526

Pos Terbaru

Tanah Lot Bali
Pos : 20 Maret 2020
Farm House Susu Bandung
Pos : 20 Maret 2020
Bukit Pergasingan Lombok Timur
Pos : 19 Maret 2020